Follow

Indonesia Cuma Dikunjungi 15 Juta Turis Per Tahun?
By Yunsirno

Hari itu saya kaget membaca wikipedia. Temanya tentang wisata dunia. Saya kaget dapat info disitu dalam tabel10 besar negara Asia dengan jumlah turis terbanyak. Ternyata negeri kita Indonesia “hanya” dikunjungi sekitar 15 juta turis (data 2019). Sedih. Bagaimana mungkin negeri yang sekujur wilayahnya dikaruniai keindahan luar biasa itu hanya ada di peringkat 10 Asia?! Bayangkan, di Indonesia ada pulau terindah di dunia loh (Bali). 

Di sini juga ada danau terbesar dan terindah di Asia loh (Danau Toba, Sumatera Utara), ada juga danau tiga warna (Kalimutu, NTT). Disini juga ada masjid terbesar se-Asia Tenggara loh (Istiqlal), ada juga masjid terindah (Masjid Baiturahman Aceh). Disini juga ada gunung yang kawahnya luar biasa, Gunung Bromo (Jawa Timur). Di negeri ini juga ada candi terbesar di dunia (Borobudur, Jawa Tengah) dan terindah (Prambanan, Jawa Tengah). 

Tak hanya itu, kita juga punya keindahan bawah laut yang membuat para penyelam berdecak kagum. Ada Raja Ampat (Irian Jaya) dan Bunaken (Sulawesi Utara). Masih ada lagi, kita juga punya koleksi hewan purba satu-satunya di dunia. Yaitu Komodo (Nusa Tenggara Timur). Wah capek nyebutnya. Karena masih banyak lagi... Tapi bayangkan, dengan seabrek potensi wisata tersebut, tak banyak turis dunia antusias mengunjungi negeri ini. 

Saya pelototi lagi tabel itu. Negara mana saja sih yang ada di atas kita. Ternyata ada tetangga kita Malaysia berada di peringkat 4 Asia. Negeri yang luasnya “cuma” sekitar seperenam dari Indonesia itu dikunjungi sampai 26 juta orang pelancong! Nyaris dua kali lipat dari kita. Kok bisa ya?Tak hanya kalah dari Malaysia,wisata kita juga kalah dari Thailand. Negeri yang luasnya sekitar seperempat Indonesia itu bahkan berada di dua besar negara Asia! Pengunjungnya mencapai sekitar 40 juta! Ada yang membuat lebih banyak pengunjung tertarik pada mereka berdua?

Tapi yang lebih miris adalah, kita juga kalah dari Hongkong. Negera yang luasnya cuma sebesaran 3 kali Pulau Komodo itu berada di posisi 5. Ia dikunjungi 23 juta orang pelancong. Jauh di atas kita. Ada apa di Hongkong yah? Bahkan yang lebih parah kita jauh di bawah Makau (posisi 6). Anda tahu Makau? Tak banyak yang tahu. Jika tahu, maka kebanyakan orang mengenalnya sebagai negara judi. Judi tahu kan? Itu sebuah permainan yang kebanyakan negara melarangnya, bahkan semua agama melarangnya. Tapi itu dikemas oleh sebuah negera menjadi objek wisata?!? Kita yang terang-teranganan punya objek wisata sangat ciamik plus seabrek malah gak bisa ngapa-ngapain?!?

Nah sekarang coba Anda terjemahkan tulisan ini dalam Bahasa Inggris. Kirim ke WA pelatih sangbintangschool Yunsirno 0856-6494-0540 atau yunsirno2@gmail.com. Insya Allah jika Anda berkenan, akan dikoreksi

No comments:

Post a Comment

Sang Bintang School