Follow

Kenapa Mesti PSSI?

KENAPA MESTI PSSI?

Walau sangat digemari, didukung penuh oleh masyarakat dan pemerintah, dan tentu yang tak kurang prestasi sepak bola Indonesia tak kunjung memuaskan. Jangankan buat kejutan kayak Maroko di Piala Dunia 2022 kemarin, masuk Piala Dunia (lagi) pun kunjung kesampaian. Boro-boro jadi macam Asia, jadi raja Asia Tengara pun sulitnya minta ampun. Bahkan kita pun mencoba mendatangkan pelatih-pelatih bonafid. Tercatat kita pernah merekrut Luis Milla, dari Spanyol tahun 2016. Tak tanggung-tanggung dia adalah mantan pemain dua klub sepak bola terpopuler sejagat yaitu Barcelona dan Real Madrid. Ia sendiri 3 kali mencicipi gelar juara liga Spanyol. Sekarang pun Indonesia juga mempunyai pelatih yang tak kalah mumpuni yaitu Shin Tae Yong dari Korea Selatan. Ia direkrut dari tahun 2021. Prestasinya sebagai pelatih amat populer ketika ia berhasil membawa timnas Korsel membungkam raksasa Jerman di Piala Dunia 2018, 2-0!

Sudah didukung hal-hal keren seperti diatas kenapa prestasi kita gitu-gitu aja? Jangankan menembus Piala Dunia, juara Piala AFF yang Cuma diikuti tim-tim Asia Tenggara pun sampai sekarang masih cuma mimpi. Ada apa sepak bola Indonesia?

Maka tak sedikit penggemar bola merundung bahwa kinerja keorganisasian PSSI yang tak moncer lah yang menyebabkan sepak bola Indonesia tak kunjung membuat happy.

Lho apa hubungan manajemen PSSI dengan prestasi? Bukankah prestasi itu syaratnya Cuma pemain yang berbakat, tim yang kompak dan pelatih yang mumpuni? Kenapa organisasi bisa dituding jadi sumber masalah?

3 hal itu benar tuk menghasilkan pemain yang bagus. Tapi permainan yang bagus itu biasa datangnya sekali-sekali saja. Kadang di suatu waktu bagus, kadang melempem. Padahal untuk berprestasi atau mau jadi juara kita butuh pemain bagus yang konsisten. Nah untuk menghasilkan pemain kayak gitu kita gak Cuma butuh 3 hal diatas tapi kita butuh hal lain. Nah ternyata hal 2 lain itu hampir semuanya menjadi tugas atau wewenang PSSI. Lho? Apa saja itu?


Nah sekarang coba Anda terjemahkan tulisan ini dalam Bahasa Inggris. Kirim ke WA pelatih sangbintangschool Yunsirno 0856-6494-0540 atau yunsirno2@gmail.com. Insya Allah jika Anda berkenan, akan dikoreksi

No comments:

Post a Comment

Sang Bintang School