Follow

JAGAT RAYA : PLUTO

JAGAT RAYA

PLUTO, BENDA LANGIT YANG KEHILANGAN STATUS ISTIMEWANYA

Sejak kecil, dari bangku sekolah, kita di ajarkan bahwa planet terdekat dengan matahari adalah Markurius. Lalu kita juga diajari bahwa planet lain yang dekat dengan bumi adalah Venus dan Mars. Planet terbesar adalah Jupiter. Lalu apa planet terjauh di keluarga tata surya? Jawabannya yaitu Pluto.

Itulah pelajaran kita tempo dulu tapi ternyata ilmu eksak gak selamanya eksak. Pengetahuan diatas dirombak setelah 2006, sejumlah ilmuan terkemuka dunia berkumpul agenda IAU (International Astronomical Uniin) di Paris. Di situ dinyatakan Pluto bukan lagi planet.

Mengapa? Ada 3 kriteria yang bisa menyabut suatu benda tersebut harus berevaluasi mengelilingi pusat tata surya Matahari. Kedua, ia mesti berbentuK bulat. Ketiga, area orbitnya mengelilingi Matahari mesti bersih dan tidak terdapat benda langit lain.

Bagaimana pluto? Pluto mulai di anggap sebagai planet sejak penemuan oleh Tombongh tahun 1930. Saat itulah ia mulai di anggap sebagai planet ke-9 dalam tata surya.

Tapi kemudian di temui fakta bahwa kriteria ke tiga tidak bisa di penuhi pluto. Para ilmuan menemukan bahwa Pluto belum membersihkan benda-benda langit disekitar orbitnya.

Jadi Pluto di anggap apa dong sekarang? Ilmuan menyebutnya planet kerdil. Tapi ia tidak sendiri loh, dekat sana juga ada benda lain-lain yang disebut planet kerdil juga. Ada 3 malah, yaitu Haumeo, Makemake, dan Eris. Eris bahkan lebih besar dari pluto.


Nah sekarang coba Anda terjemahkan tulisan ini dalam Bahasa Inggris. Kirim ke WA pelatih sangbintangschool Yunsirno 0856-6494-0540 atau yunsirno2@gmail.com. Insya Allah jika Anda berkenan, akan dikoreksi

No comments:

Post a Comment

Sang Bintang School