Follow

16 Standar Geniusmates


Oleh: Yunsirno

Tak bisa disebut mudah melatih  orang berbahasa asing, apalagi untuk program kursus yang menargetkan waktu yang pendek. Di metode kampoenk jenius, pelatih, pengajar atau instruktur kamis sebut dengan Gm alias geniusmate. Para gm ini punya tantangan untuk membuat pembelajar atau geniuzen (gz) meraih kemampuan BISA tanpa  punya waktu yang selapang jika belajar di sekolah atau kampus. 

Melatih atau mengajar berbahasa itu juga kompleks. Ia mencakup hal-hal seperti memberi motivasi, teladan. Selain itu juga tentu: ilmu. untuk itu para gm harus memiliki karakter yang mendukung hal-hal tersebut.

Berikut 16 standar karakter yang mesti dimiliki para gm agar pekerjaan bisa mudah meraih sukses. 


1. Bertanggungjawab ilahiyah

 “Saya ingin menghilangkan kata ‘6 Minggu Bisa!’ (6MB) di mata masyarakat. Itu seperti janji. dan saya berat nanti jika di akhirat jika banyak yang gagal. Mau diganti ‘metode kampoenk jenius’ saja”. Iva Ulfa - Manajer SBS bercadar di kota Tasikmalaya yang selalu khawatir dengan pencapaian murid.


2. Visioner 

“Yang menjadi khalayanku saat ini adalah, andaikan saja semua siswa siswi di indonesia berangkat menuju sekolah dengan semangat berapi-api, pasti indonesia akan lebih baik dari yang sekarang.” komentar Indra Wijaya Kusuma, grand master di Aceh, saat menjadi geniuzen 6MB! di Pontianak.


3. Yakin

“Tidak dapat dibayangkan perubahan apa yang akan terjadi pada indonesia jika semua masyarakat senang dan gemar belajar. Indonesia jenius pasti akan terwujud. Jika anda belum yakin, segeralah bangun dari tidur anda... Lemparkan rasa ragu anda ke sungai sehingga perasaan ragu anda akan hanyut dan tidak akan kembali menghantui anda”. Guntur, programer SBS Malang setelah mengikuti pusdiklat nasional.

4. Paham

“Saya baru paham apa makna teaching by heart. it’s the real education. Saya semakin bertanya-tanya, kenapa di dunia pendidikan yang pernah saya jalani tak seperti ini? Guru hanya bertugas menyampaikan materi, dan tidak begitu peduli peserta didikannya ngerti atau tidak. Pantaslah pendidikan indonesia hanya ‘berkembang dan tak pernah maju’. Kresna, Geniusmate Cirebon paska menyelesaikan proses magang sebagai pengajar. 


5. Menikmati

“Saya sering bertanya dalam hati. mengapa dengan pekerjaan yang sedemikian padat ini, setiap orang kelihatan enjoy? jawabannya adalah karena kami menikmati pekerjaan”. komentar Erik Marangga, GM asal NTB saat ‘berguru’ langsung ke SBS pusat di Pontianak. 


6. Antusias dan proaktif

“Bang Yun, perintahkanlah hal hal baru ke Nike. Apa aja terserah yang penting meningkatkan kualitas tim. Karena Nike masih merasa santai dan tidur nyenyak tiap malamnya’. Pesan teks Nike Merlinta, sarjana ekonomi Manajer Klub Jenius Pontianak 


7. People-Oriented

“Bang Yun tahu benar hobiku bertemu orang. Saking germarnya dengan hobi itu, ada julukan khusus dari teman-teman buatku: tukang sangkut. Setiap bertemu dengan teman atau orang baru, aku pasti menyapa dan berbicara kecil dengan mereka”. Fahrurrazi, Genius Leader SBS. Bergabung sejak masa kuliah. 


8. Siap Berubah

“Perubahan yang ada pada diri saya sekarang bukan hanya saya rasakan sendiri, namun lebih dirasakan oleh teman-teman dekat saya di kampus, keluarga dan sepermainan. Perubahan tidak akan menjadi jika kita tidak mau masuk dalam kubangan perubahan itu sendiri”. Dahlan, alumni 6 Minggu Bisa! Yang kemudian menjadi tim marketing, dan Grand Instruktur.


9. Empati

“Kalau di SBS, instrukturnya tidak melulu berbahasa Inggris, sehabis mengucap kalimat atau menerangkan dalam bahasa Inggris mereka selalu mengartikannya Kembali dalam Bahasa Indonesia. Walaupun hanya poin-poinnya saja. Sehingga kita tidak seperti orang bodoh yang melongo tanpa mengerti arah maksud dan pembicaraan”. Dipa, alumni 6 Minggu Bisa!, mantan pramugari yang kemudian menjadi geniusmate Klub Jenius Pontianak, kini bermukim di Bogor.


10. Membuat Mudah

“Saya semakin menikmati suasana belajar, karena cara penyampaian materi yang diberikan Mr. Yun membuat mudah saya serap. Bahasanya yang sederhana, pelan, sistematis dan seringkali mengocok-kocok otak sehingga kita harus berpikir ulang dari apa yang sudah disampaikan dan membuat sulit dilupakan”. Jaini Fakhrudin, geniusmate SBS Pontianak yang pernah mengikuti kelas 6 Bulan Bisa! dan Master Class. Setelah mendapat beasiswa S2 di IPB, Bogor. Kini mengajar di Polnep.


11. Memberi Lebih

“Hemmm… SBS gak hanya menargetkan kita bisa berbahasa Inggris lho, tapi ada bonus lebih disana. Wawasan saya jadi lebih terbuka dan lebih termotivasi untuk belajar. Gak cuma belajar Bahasa Inggris tapi semua yang bisa pelajari bisa menjadi suatu hal yang menyenangkan, termasuk semangat belajar di kampus”.  Sri Muryati, Sarjana Ekonomi, alumni 6 Minggu Bisa! Yang kemudian menjadi geniusmate Klub Jenius Pontianak.


12. Semangat.. Semangat!

“Gurunya penuh dengan semangat  dalam mengajar murid-muridnya. And I like that condition… metode pendidikan yang luar biasa”. (Noviyanti, alumni FE Untan, auditor keuangan dan manajemen SBS)


13. Berjiwa Sosial

“Aku ingin menjadi guru di pedalaman. Bangunkan singa yang tertidur”. Komentar Said Mansyur, GM Nasional, alumni 6 Minggu Bisa! Pernah sebagai koordinator Pesantren Kota di SBS Pontianak. Kini mukim di Jabotabek. 


14. Buat Nyaman

“6 Minggu Bisa! pun berakhir. Aku melanjutkan ke Master Class, karena aku merasakan kenyamanan disana. Tak ingin rasanya aku berhenti belajar, bermain, dan menghibur disana”. Parliani, alumni 6 Minggu Bisa!, Kemudia menjadi geniusmate Klub Jenius, kini mendapat beasiswa S2 di Thailand dan menjadi dosen keperawatan. 


15. Punya Prinsip Strategi

“Maka di pembelajaran 6 Minggu Bisa ini, Anda akan mendapatkan beban pembelajaran diatas rata-rata, namun semua pembelajaran didalamnya akan menyenangkan, karena anda akan diberikan prinsip-prinsip yang dahsyat untuk menguasai belajar Bahasa Inggris, seperti cara menghafal anti lupa, berbicara Bahasa Inggris dengan baik dan menyenangkan.” Ridho Hudayana,  perintis SBS Malang, pernah belajar di 6BB, alumni psikologi di UIN Malang.


16. Jaga Sistem

“Maka jadilah saya salah satu dari sekian orang yang tidak mampu menyelesaikan program 6 Bulan Bisa! Karena ketat dan selektifnya untuk khatam dari program tersebut” Arief Masbukin geniusmate SBS Pontianak yang pernah ikut 6 Bulan Bisa! saat masih SMA. 


Vocabularies:

Akhirat= the Hereafter; Pencapaian= achievement; Berapi-api= impassioned; Hanyut= to float ; Menghantui= to haunt; Bertanya-tanya= to wonder; Magang= apprentice; Tidur nyenyak= sleep well; Sangkut= to hook; Kubangan= puddle ; Melongo= to gowk; Mengocok-kocok= to whisk; Pedalaman= inland; Keperawatan= nursing


Note:

Nah sekarang coba Anda terjemahkan tulisan ini dalam Bahasa Inggris. Kirim ke WA pelatih sangbintangschool Yunsirno 0856-6494-0540 atau yunsirno2@gmail.com. Insya Allah jika Anda berkenan, akan dikoreksi

No comments:

Post a Comment

Sang Bintang School